Rabu, 13 November 2013

PERANGKAT KERAS JARINGAN LAN

PERANGKAT KERAS JARINGAN LAN

1. 1     Network Interface Card ( NIC )
NIC disebut juga kartu antarmuka jaringan, merupakan penghubung yang dipasang pada setiap komputer. Kartu jaringan yang banyak digunakan adalah kartu ethernet, konektor localtalk, dan kartu jaringan token ring. Pada umumnya, PC menggunakan kartu Ethernet.

a)     Kartu Ethernet
Kartu jaringan Ethernet ini memiliki port untuk koneksi kabel koaksial ataupun twisted pair. Konektor yang digunakan adalah BNC untuk kabel koaksial dan Rj-45 untuk kabel twisted pair. Selain memiliki port untuk BNC dan Rj-45, adapula kartu jaringan Ethernet yang memiliki konektor AUI yang dapat dikoneksikan dengan kabel koaksial, twisted pair, atau serat optic.


b)     Konektor Localtalk
Kartu jaringan localtalk digunakan untuk computer Macintosh. Kartu jaringan ini menggunakan sebuah kotak adapter khusus dan kabel yang terpasang ke port sebuah printer. Localtalk memiliki kekurangan dalam kecepatan transfer data. Localtalk hanya dapat beroperasi pada kecepatan 0,23 Mbps.





c)      Kartu token ring
Kartu token ring menggunakan port dengan tipe konektor 9 pin. Kartu Ethernet memiliki mnomor MAC (Media Access Control)sejumlah 48 bit. Nomor MAC adalah nomor unik, seperti halnya IP Address, sehingga tidak akan da nomor MAC Address yang sama pada kartu Ethernet. Nomor unik yang terdiri dari 48 bit dikelompokkan menjadi 6 bagian masing –masing terdiri dari 8 bit, contohnya 00 00 1B 62 21 e7. Tiga bagian pertama adalah kode perusahaan pembuat chip tersebut.
Kartu Ethernet yang kini beredar dibagi menjadi beberapa tipi, yaitu :
-          10Base5, tipe kartu yang menggunakan kabel koaksial dengan diameter 0,5 inci dan berwarna kuning. Topologi yang digunakan berbentuk bus. Jangkauan jarak maksimum sebesar 500 meter. Jika ditambahkan repeater (penguat), maka dapat mencapai jarak +2,5 km. Kecepatan transmisi data sebesar 10 Mbps.
-          10Base2, tipe kartu Ethernet yang menggunakan kabel koaksial dengan diameter 5 mm. Topologi yang digunakan berbentuk bus. Jangkauan jarak maksimum sebesar 185 m. Kecepatan transmisi data sebesar 10 Mbps.
-          10BaseT, tipe kartu Ethernet yang menggunakan kabel twisted pair. Topologi yang digunakan adalah bintang (star). Jangkauan jarak maksimum sebesar 100 m. Kecepatan transmisi data sebesar 100 Mbps.
-          10BaseF, tipe kartu Ethernet yang menggunakan kabel serat optic. Topologi yang digunakan adalah bintang. Jangkauan jarak sampai 2000 m. Untuk transmisi keluaran dan masukan menggunakan kabel yang berbeda. Kecepatan transmisi data sebesar 100 Mbps.
-          100BaseT series, tipe kartu Ethernet yang menggunakan kabel twisted pair. Tipe ini memiliki beragam metode akses. Kecepatan transmisi datanya dapat melebihi 10Base series, yaitu 20-200 Mbps.

2.      Hub / Konektor
Berfungsi untuk menyatukan kabel – kabel  jaringan dari setiap computer workstation atau client, server, dan perangkat lainnya, seperti kabel modem.
Hub dibagi menjadi dua jenis, yaitu hub pasif dan hub aktif (switch hub). Dalam Topologi star, computer yang menggunakan kabel twisted pair dihubungkan dengan hub. Hub yang beredar di pasaran saat ini mulai drai hub dengan port 8, 12, 24, dan 32 dan dengan konektor Rj-4. Biasanya, hub digunakan untuk topologi star.



3.      Kabel
Kabel berfungsi untuk menghubungkan satu computer dengan computer lainnya. Ada dua jenis atau dua tipe kabel yang digunakan untuk jaringan local, yaitu twisted pair yang terdiri dari UTP ( Unshielded Twisted Pair ) dan STP ( Shielded Twisted Pair ) serta kabel koaksial yang terdiri dari thick coaxial dan thin coaxial.
                                                       

    

 
                            
4.      Konektor
Konektor yang digunakan untuk membuat jaringan adalah konektor Rj-45 dengan kabel twisted pair dan konektor BNS dengan kabel koaksial. Konektor Rj-45 terdiri dari 8 pin.


                           



5.      Router
Berfungsi untuk menghubungkan jaringan LAN dengan internet dalam merutekan transimi antara keduanya. Router mentransmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lain.
Kelebihan router :
-          Kemampuan mencari jalur terbaik dalam mentransmisikan pesan atau data dari alamat asal ke alamat tujuan
-          Dapat mengetahui keseluruhan jaringan dengan mencari sisi yang paling sibuk
-          Mampu menarik data dari sisi yang sibuk sampai sisi itu bersih ( tidak sibuk lagi )
-          Mengatur jalur sinyal secara efisien, mengatur pesan di antara dua buah protocol, serta mengatur pesan yang melewati kabel serat optic, kabel koaksial, dan kabel twisted pair.


  

Tabel 1.1 Perbedaan antara modem dan router

Modem
Router
Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya.
Tidak mengubah sinyal, tetapi menghubungkan jaringan LAN dengan modem internet dalam mentransmisikan data.
Untuk mengakses internet secara langsung
Alat tambahan yang membantu proses akses internet
Mengakses IP Address dan DNS server dari ISP
Mengakses IP Address dari modem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar